Kamis, 20 Oktober 2016

Hal yang harus Perhatikan untuk Mendapatkan Sebuah PC Berperforma

Hal yang harus Perhatikan untuk Mendapatkan Sebuah PC Berperforma - hallo guys kembali lagi sama saya, Saat akan membeli atau merakit sebuah komputer baru tentu kita menginginkan agar nantinya komputer tersebut memiliki performa yang dapat diandalkan. Dan hal dasar yang menetukan performa komputer tentu saja adalah spesifikasi hardware yang terpasang pada komputer tersebut. Secara sederhananya semakin tinggi spesifikasi komputer tentu saja semakin baik performa komputer kita nantinya, tetapi harga yang harus kita keluarkan juga akan semakin besar.

1. Processor
Hasil gambar untuk prosessor
Processor merupakan otak dari komputer yang akan menetukan seberapa cepat suatu informasi diproses. Tidak hanya cepat, tetapi processor yang kita gunakan juga harus bisa menyelesikan banyak tugas dalam waktu yang bersamaan (multitasking).

Saat ini processor komputer dipasaran dikuasai oleh 2 perusahaan yaitu Intel dan AMD, dengan keunggulan Intel memiliki presentase penguasaan pasar lebih besar dibanding AMD.
Kedua jenis processor ini mempunyai perbedaan spesifikasi dan juga soket yang digunakan sehingga tidak bisa saling dipertukarkan. Apabila hendak mengganti (upgrade) processor harus dengan merek yang sama dan jenis soket yang sama (kompatible).

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara processor Intel dan AMD adalah bahwa untuk spesifikasi yang hampir sama, harga AMD cenderung lebih murah dibanding Intel. Dari segi performa umumnya processor Intel lebih cepat dari AMD, namun prosesor AMD dianggap lebih efisien. Prosesor Intel lebih kuat pada aplikasi yaitu pada Multimedianya sedangkan dalam urusan grafis AMD lebih kuat daripada Intel. Untuk informasi yang lebih akurat bisa melihat hasil benchmark dari masih-masing processor misalnya di website : https://www.cpubenchmark.net/

Karena merupakan hardware yang paling penting dan juga mahal, maka kita perlu lebih cermat dalam memilih Processor yang akan kita gunakan. Apabila kebutuhan komputer atau laptop hanya sekedar untuk menggunakan aplikasi office, browsing, multimedia dan game standard, maka kelas Intel Core i3 sudah mencukupi. Tetapi apabila ingin memainkan game mainstream maka minimal gunakan Intel Core i5. Untuk kebutuhangame 3D, desaign grafis dan editing video disarankan untuk menggunakan Intel Core i7.

2. Random Acces Memory (RAM)
Hasil gambar untuk Ram
Random Acces Memory adalah bagian dari hardware komputer yang digunakan dan berfungsi untuk menyimpan data komputer yang bersifat sementara, dan hanya bekerja pada saat komputer hidup. Semakin besar kapasitas memori RAM yang dimiliki, maka tentu semakin banyak tugas yang bisa dicakup dan dikerjakannya.

  • Kapasitas 2GB
    Ini adalah ukuran minimum yang Anda butuhkan untuk menjalankan sistem operasi dan program-program dasar

  • Kapasitas 4GB
    RAM sebesar ini cukup untuk multitasking antar aplikasi dengan mudah dan menjalankan game populer yang umum

  • Kapasitas 8GB dan diatasnya
    Ini akan memungkinkan Anda menjalankan aplikasi pengeditan video atau game 3D ekstrem dengan lancar

3. Harddisk
Hasil gambar untuk harddisk

Seperti halnya dalam sebuah gudang, Harddisk adalah media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan sebuah berkas file seperti dokumen kantor, file musik, foto, video dan tempat berjalannya sistem aplikasi yang diintegrasi dengan OS yang ada dalam PC.

Besarnya kapasitas menentukan seberapa banyak file yang bisa disimpan. Semisalnya kapasitas 500GB akan sangat baik untuk menyimpan file kerja, foto, dengan cukup ruang untuk beberapa game. Sedangkan untuk kapasitas 1TB (terabyte) cocok bagi pengguna kolektor film, bermain banyak game atau sekedar editing video.

4. Kartu Grafis
Hasil gambar untuk vga card
Sistem visual akan berjalan baik jika diintegrasikan dengan chip grafis yang baik pula. Dalam piranti ini, ada dua jenis kartu yang digolongkan.

  • Kartu terintegrasi (onboard)

    Dikemas bersama prosesor atau motherboard, kartu ini menggunakan RAM sistem untuk pemrosesan grafis. Bertenaga lebih kecil tetapi lebih murah dan memakan lebih sedikit daya baterai, merupakan pilihan yang bagus untuk Ultrabook™ atau notebook.

  • Kartu grafis terpisah

    Jika Anda pemain game serius atau desainer grafis profesional, pilihlah kartu ini. Kartu grafis entri-level yang bagus sebaiknya memiliki RAM sekurangnya 1GB tetapi semakin besar semakin baik. Jika Anda bermaksud untuk menonton film dalam HD, pastikan untuk membeli yang dilengkapi port output HDMI.

5. Sistem operasi (OS)
Hasil gambar untuk sistem os
Adalah perangkat lunak yang bekerja sebagai penghubung antara perangkat keras dengan aplikasi maupun program yang ada didalamnya. Dalam bahasa komputer sendiri, OS adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen sistem. Ada beberapa OS yang beredar saat ini, sistem Linux, Windows dan Mac yang dikembangkan oleh Apple.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar