Minggu, 30 Oktober 2016

cara membedakan intel dengan amd

cara membedakan socket intel dengan amd - Bagi yang hobi merakit komputer, tentunya mengenal betul apa itu motherboard dan tahu perbedaan antara motherboard Intel dan AMD. Cuma buat yang masih baru, tentu saja butuh banyak referensi mengenai sejarah motherboard, jenis-jenis motherboard dipasaran, komponen yang ada di motherboard dan harganya saat ini. Pada artikel ini, kita akan bahas singkat mengenai perbedaan motherboard Intel dan AMD.

Sebuah motherboard atau disebut juga mainboard adalah tempat komponen-komponen komputer diletakkan seperti berbagai jenis slot, chip, kontroler, hingga chipset processor.
Hingga kini ada banyak sekali merk, seri dan jenis motherboard yang ada di pasaran, namun pada dasarnya hanya ada dua macam yaitu motherboard Intel dan motherboard AMD. Secara sekilas keduanya kelihatan sama yaitu dipenuhi dengan berbagai macam komponen-komponen elektronika, slot, dan socket.
Namun jika ditilik lebih dalam, misalnya dari sisi arsitektur dan fitur-fitur di dalamnya, keduanya sungguh sangat berbeda dan tak bisa saling tukar komponen. Penasaran dengan perbedaan motherboard Intel dan AMD? Mari kita ulas satu-satu.

Perbedaan motherboard Intel dan AMD berdasarkan pabrik pembuatnya

Perbedaan Motherboard Intel dan AMD

Intel adalah perusahaan teknologi asli Amerika yang memfokuskan usahanya pada perancangan dan produksi mikroprosessor dan mengkhususkan dalam pembuatan sirkuit terpadu, selain prosesor perusahaan ini juga memproduksi LAN Card, chipset motherboard, berbagai komponen elektronika untuk komputer dan berbagai produk lain.

Perbedaan Motherboard Intel dan AMD

Perbedaan motherboard Intel dan AMD berdasarkan arsitekturnya

Jika dibandingkan dari sisi arsitektur, Intel dan AMD mempunyai teknologi yang sangat berbeda, bukan mana yang lebih unggul, melainkan sistem yang sangat berseberangan. Kedua perusahaan ini mengembangan prosesor yang sangat berbeda satu sama lain.
AMD dalam memproduksi prosesornya mengintegrasikan memory controller. Teknologi ini membuat jalur data dari prosesor dengan chipset menjadi lebih singkat. Teknologi ini disebut Hyper Transport yang membuat transfer rate data menjadi sangat cepat karena tak harus menanti dari memori utama. Namun hal ini membuat memori internal menjadi lebih kecil.
Sementara itu Intel tidak melakukan hal yang sama. Mereka cenderung menanamkan memori internal pada prosesor. Mereka membuat memori internal yang lebih besar dengan menanamkan lebih banyak transistor sehingga prosesor buatan Intel lebih powerful ketika harus menangani aplikasi multi-threading. Hal ini berkenaan dengan kegunaan memori internal pada prosesor itu sendiri yang berfungsi sebagai penyimpan data sementara yang akan diolah oleh prosesornya.

Perbedaan motherboard Intel dan AMD berdasarkan frekuensi dan chipset

Kita ambil contoh, sebuah prosesor AMD Sempron 3000+ dengan clockspeed 1.8GHz tak bisa disamakan dengan Intel Pentium 4 dengan clockspeed 1.8GHz. Mungkin label clockspeed-nya sama, namun ketika dilakukan benchmark maka prosesor AMD lebih cepat.
Hal ini berkaitan dengan teknologi hyper TransferTransport yang dimiliki AMD sehingga prosesor AMD dengan clockspeed 1.8Ghz bisa disandingkan dengan prosesor Intel 2.2GHz. Oleh sebab itu sangat jarang prosesor AMD yang punya clockspeed di atas 3Ghz. Sementara itu Intel memfokuskan diri membangun motherboard yang mampu melayani prosesor dengan clockspeed monster dan juga opsi untuk overclocking.

Perbedaan motherboard Intel dan AMD berdasarkan grafis onboard

Jika dibandingkan dalam hal grafis onboard, motherboard AMD bisa dibilang menang telak karena AMD telah mengakusisi perusahaan ATi yang memproduksi kartu grafis ATi Radeon. Selain itu AMD juga mempunyai opsi untuk memakai mesin grafis buatan Nvidia. Sementara untuk motherboard Intel, dukungan kartu grafis external kurang greget dikarenakan Nvidia dan Intel terlibat persaingan secara diam-diam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar